Kewarganegaraan


Tugas ESSAY sebelum UTS

1.)Sebutkan pasal-pasal dan ayat-ayat berapa di UUD 1945 yang menjadi dasar hukum pendidikaan kewarganegaraan !
2.)Sebutkan apa saja isu global yang ditujukan ke negara RI oleh negara- negara maju dan adi kuasa !
3.)Jelaskan tentang apa yang dimaksud dengan hak asasi manusia (HAM) !
4.)Sebutkan Bab dan pasal di UUD 1945 yang khusus membicarakan tentang HAM !
5.)Jelaskan tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi !
6.)Sebutkan isi Pasal 30 ayat 1 UUD 1945 !
7.)Jelasakan apa yang dimaksud dengan
8.)Sebutkan tujuan Nasional bangsa Indonesia sebagaimana terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 !
9.)Sebutkan isi Pasal 27 ayat 2 UUD 1945 !
10.)Jelaskan menurut pendapat Abrahan Lincoln tentang demokrasi !
11.)Jelaskan pengertian bangsa menurut Kamus besar Bahasa Indonesia !
12.)Jelaskan bagaimana suatu negara dapat dikatakan negara demokrasi !
13.)Jelaskan pendapat John Lock tentang hak-hak yang dimiliki oleh setiap manusia !
14.)Jelaskan tentang demokrasi di Indonesia !

Jawab !

 1.) - Pasal 30 ayat 1 UUD 1945 - Pasal 27 ayat 3 UUD 1945 - UU RI. NO. 20 Tahun 2003 - UU RI. NO. 12 Tahun 2006

 2.) - Jalannya Konfrensi Asia Afrika dan Keputusan-Keputusan yang Dihasilkan - Latar Belakang Konfrensi Asia Afrika 1955 - Tentang perekonomian yang rendah, kemiskinan, dan korupsi.

 3.) Hak asasi manusia adalah hak-hak yang melekat pada semua umat manusia, apapun jenis kebangsaan, tempat tinggal, gender, asal-usul kebangsaan atau etnis, warna kulit, agama, bahasa, atau status lainnya. UU Nomor 39 tentang HAM ( Hak Asasi Manusia ).

4.) Dalam UUD 1945 yang diamandemen, HAM secara khusus diatur dalam Bab XA, mulai pasal 28 A sampai dengan pasal 28 J. Hak asasi yang diatur saat itu antara lain hak tentang merdeka disebut pada bagian pembukaan, alinea kesatu. Kemudian, hak berserikat diatur dalam pasal 28, hak memeluk agama pada pasal 29, hak membela negara pada pasal 30, dan hak mendapat pendidikan, terdapat pada pasal 31.

5.) TUJUAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI PERGURUAN TINGGI ( Menurut SKep Dirjen Dikti No. 38/DIKTI/Kep./2002 ) Agar mahasiswa : - Memiliki motivasi menguasai materi pendidikan kewarganegaraan, - Mampu mengkaitkan dan mengimplementasikan dalam peranan dan kedudukan serta kepentingannya, sebagai individu, anggota keluarga/masyarakat dan warganegara yang terdidik. - Memiliki tekad dan kesediaan dalam mewujudkan kaidah-kaidah nilai berbangsa dan bernegara untuk menciptakan masyarakat madani.

6.) Undang-Undang Dasar 1945 dalam Pasal 30 Ayat (1) menyebutkan tentang hak dan kewajiban tiap warga negara ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

7.) Unsur pembentuk negara (konstitutif): wilayah/ daerah, rakyat, pemerintah yang berdaulat Unsur deklaratif: pengakuan oleh negara lain.

8.) Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintahan negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, untuk memajukan kesejahtetaan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

9.) Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.

10.) Pengertian demokrasi menurut Abraham Lincoln berikut ini adalah pemerintahan dari, oleh dan untuk rakyat (Democracy is government of the people, by the people and for the people).

11.) Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, bangsa adalah orang-orang yang memiliki asal kesamaan keturunan, adat, bahasa, dan sejarah serta berpemerintahan sendiri, atau bisa diartikan sebagai kumpulan manusia yang biasanya terikat karena kesatuan bahasa dan wilayah tertentu di muka bumi.

12.) Suatu negara dapat dikatakan demokratis apabila kekuasaan mayoritas digandengkan dengan jaminan atas hak asasi manusia. Kelompok mayoritas dapat melindungi kaum minoritas. Hak-hak minoritas tidak dapat dihapuskan oleh suara mayoritas. Semua kelompok golongan atau warga negara hendaknya mendapat perlindungan hukum atau mendapat jaminan menurut undang-undang.

13.) John Locke menyatakan bahwa HAM adalah hak-hak yang diberikan langsung oleh Tuhan Yang Maha Pencipta sebagai hak yang kodrati. (Mansyur Effendi, 1994).

14.) Sejak merdeka, Indonesia telah mempraktekkan beberapa sistem politik pemerintahan atas nama demokrasi, dari, oleh dan untuk rakyat. A. Tahun 1945-1959 - Demokrasi Parlementer B. Tahun 1959-1965 - Demokrasi Terpimpin C. Tahun 1965-1998 - Demokrasi Pancasila D. Tahun 1998 - Sekarang - Orde Reformasi


Quiz Kewarganegaraan 1

I. Jawablah pertanyaan berikut ini 
via email sekarang! 
1. Apa hakekat dari pada 
pendidikan?
2. Apa kepanjangan dari 
IPTEKS?
3. Jelaskan makna perubahan 
kehidupan yang penuh 
dengan paradoksal dan 
ketakterdugaan?
4. Mengapa IPTEKS harus 
berlandaskan nilai keagama- 
an?
5. Apa yang dimaksud dengan 
krisis multidimensi?
II. Carilah contoh-contoh (min. 2) 
tentang globalisasi yg ditandai 
oleh pesatnya perkembangan 
IPTEKS khususnya di bidang 
informasi, komunikasi, dan 
transportasi yang membuat dunia 
menjadi semakin transparan.
Sertakan gambar video
Jawaban !
(I.)
1.) Pada hakekatnya pendidikan adalah upaya masyarakat dan pemerintah untuk kelangsungan hidup warganya dan generasi penerus, yang bermakna dan mampu mengantisipasi hari depan yang senantiasa terkait dengan konteks budaya, bangsa, negara dan hubungan internasional.
2.) IPTEKS : Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni
3.) Sehingga pendidikan tinggi tidak dapat mengabaikan realita kehidupan yang mengglobal.
4.) Untuk itu diperlukan pembekalan IPTEKS yang berlandaskan nilai-nilai keagamaan, nilai-nilai moral, dan nilai-nilai budaya bangsa. Nilai-nilai dasar tersebut berperan sebagai panduan dan pegangan hidup setiap warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
5.) Bahwa kehidupan bermasyarakat berbangsa, dan bernegara sedang menghadapi suatu cobaan yang sangat berat.

Quiz Kewarganegaraan 2





Kelompok : 

-Eni Nurkayati
-Siti Ropiah
-Siti Rahmasita
-Yuni Indriyani
-Susi Martanti
-Riska Islaminati

Carilah contoh kasus yang menyangkut kewarganegaraan seseoarang di internet misalnya tentang status kewarganegaraan artis atau olahragawan di negara kita ?
Jawaban !
Cara Memperoleh Kewarganegaraan Republik Indonesia
Menurut UU No. 12 Tahun 2006


1. Melalui kelahiran

a. anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari seorang ayah dan ibu warga 
2. Melalui Pengangkatana. diangkat sebagai anak oleh WNI4. Melalui perkawinana. warga Negara asing yang kawin secara sah dengan WNI


Negara Indonesia

b. anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari seorang ayah WNI dan ibu warga 

Negara asing
c. anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari seorang ayah warga Negara 
asing dan ibu WNI
d. anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari seorang ibu WNI, tetapi 
ayahnya tidak mempunyai kewarganegaraan atau hokum Negara asal ayahnya tidak 
memberikan kewarganegaraan kepada anak tersebut.
e. Anak yang lahir dalam tenggang waktu 300 hari setelah ayahnya meninggal 
dunia dari perkawinan yang sah dan ayahnya WNI
f. Anak yang lahir diluar perkawinan yang sah dari seorang ibu WNI
g. Anak yang lahir diluar perkawinan yang sah dari seorang ibu WNA yang diakui 
oleh seorang ayah WNI sebagai anaknya dan pengakuan itu dilakukan sebelum 
anak tersebut berusia 18 ( delapan belas ) tahun atau belum kawin
h. Anak yang lahir di wilayah NRI yang pada waktu lahir tidak jelas status 
kewarganegaraan ayah dan ibunya
i. Anak yang baru lahir ditemukan di wilayah NRI selama ayah dan ibunya tidak 
diketahui
j. Anak yang lahir di wilayah NRI apabila ayah dan ibunya tidak mempunyai 
kewarganegaraan atau tidak diketahui keberadaannya
k. Anak yang dilahirkan diluar wilayah NRI dari seorang ayah dan ibu WNI yang 
karena ketentuan dari Negara tempat aanak tersebut dilahirkan tidak 
memberikan kewarganegaraan kepada anak yang bersangkutan.
l. Anak WNI yang lahir diluar perkawinan yang sah, belum berusia 18 ( delapan 
belas ) tahun atau belum kawin diakui secara sah oleh ayahnya yang 
berkewarganegaraan asing tetap diakui sebagai WNI
m. Anak WNI yang belum berusia 5 ( lima ) diangkat secara sah sebagai anak oleh 
WNA berdasarkan penetapan pengadilan tetaop diakui sebagai WNI

2. Melalui Pengangkatan

a. diangkat sebagai anak oleh WNI

b. pada waktu pengangkatan itu ia belum berumur 5 tahun

c. pengangkatan anak itu memperoleh penetapan pengadilan
3. Melalui Pewarganegaraan
a. telah berusia 18 tahun atau sudah kawin
b. pada waktu pengajuan permohonan sudah bertempat tinggal di wilayah NRI 
paling sedikit 5 tahun berturut – turut atau paling singkat 10 tahun tidak 
berturut – turut.
c. Sehat jasmani dan rohani
d. Dapat berbahasa Indonesia serta mengakui dasar Negara Pancasila dan UUD 1945
e. Tidak pernah dijatuhi pidana karena melakukan tindak pidana yang diancam 
dengan pidana penjara 1 tahun atau lebih
f. Jika dengan memperoleh kewarganegaraan RI, tidak menjadi berkewarganegaraan 
ganda
g. Mempunyai pekerjaan dan/ atau penghasilan tetap
h. Membayar uang pewarganegaraan ke Kas Negara
i. Orang asing yang telah berjasa kepada NRI atau karena alas an kepentingan 
Negara.
4. Melalui perkawinan
a. warga Negara asing yang kawin secara sah dengan WNI
b. menyampaikan pernyataan menjadi warga Negara di hadapan pejabat





TUGAS ESSAY sebelum UAS 

1.) Sebutkan isi Pasal 1 ayat 1 UUD 1945.

2.) Pemahaman Archipelago di Negara-Negara Barat berbeda dengan
pemahaman Archipelago di Indonesia. Jelaskan tentang perbedaan tersebut.
3.) Indonesia telah meratifikasi UNCLOS 1982. Jelaskan apa keuntungan dan kerugiannya.

4.) Sebutkan apa saja Ajaran Dasar Wawasan Nusantara

5.) Jelaskan apa yang ditulis oleh JOHN NAISBIT, dalam bukunya berjudul GLOBAL PARADOX.

6.) Perkembangan global saat ini sangat maju pesat, khususnya perkembangan dalam bidang apa?

7.) Dalam mewujudkan aspirasi dan perjuangan satu bangsa perlu memperhatikan 4 K. Sebutkan apa 4 K tersebut

8.) Wujud Pertahanan dan Keamanan Indonesia tercermin dalam kondisi daya tangkal bangsa yang dilandasi oleh kesadaran bela negara dengan menghadapi yang disebut AGHT. Sebutkan apa kepanjangan dari AGHT.

9.) Unsur Dasar Wawasan Nusantara diantaranya Tata Laku. Jelaskan tentang Tata Laku.

10.) Jelaskan pendapat dari penulis buku Borderless World, Kenichi Omahe dalam menghadapi kekuatan global.


Jawaban :

1.) Pasal 1 ayat 1 UUD 1945 “Negara Indonesia adalah Negara Kesatuan".

2.) Kalau menurut dari pemahaman barat : Laut berperan sebagai "pemisah pulau". Sedangkan menurut dari pemahaman di indonesia : Laut berperan sebagai "penghubung pulau" sehingga wilayah negara indonesia menjadi satu kesatuan sebagai , "Tanah Air" disebut negara kepulauan.

3.) 1. Keuntungan:
        a. Diakuinya Indonesia sebagai Archipelago State.
        b. Luas wilayah Negara bertambah.
        c. Sumber daya alam bertambah.
     2. Kerugian:
        a. Mengakomodasi lintas laut Kepulauan (ALKI 1 Selat Sunda - Laut China Selatan, Alki 2 Selat Lombok - Laut Kalimantan dan Alki 3 dari beberapa Selat di selatan Indonesia Timur ke Samudra Pacifik.
       b. Kerawanan meningkat.

4.) - Landasan Idiil : Pancasila, dan - Landasan Konstitusional : UUD 1945.

5.) JOHN NAISBIT, DALAM BUKUNYA CLOBAL PARADOX, MENULIS “TO BE A GLOBAL POWERS, THE COMPANY MUST GIVE MORE ROLE TO THE SMALLEST PART” (bahwa negara harus dapat memberikan peranan sebesar-besarnya kepada rakyatnya).

6.) Khususnya dibidang Ilmu Pengetahuan Teknologi, Informasi, komunikasi dan transportasi.

7.) 4K = Kekuatan, Ketangguhan, Kemampuan dan Keuletan.

8.) AGHT = - Ancaman - Gangguan - Hambatan - Tantangan.

9.) Tata laku, merupakan interaksi antara wadah dan isi. Tata laku batiniah dan lahiriah.

10.) Penulis Buku Borderless World ( Kenichi Omahe ) Bahwa untuk dapat menghadapi kekuatan global peran pemerintah pusat harus dikurangi dan lebih memberikan peran kepada pemerntah daerah dan masyarakat.


No comments: